Wednesday, January 16, 2013

Biografi Penyanyi Dangdut Wanita Iis Dahlia

 




Dilahirkan di Bongas, Indra Mayu, Jawa Barat, 29 mei 1972 dengan nama asli Iis Lailiya, atau yang sekarang dikenal sebagai Iis Dahlia, merupakan anak dari pasangan Makmuri dan Qomariyah.

Penyanyi dengan kumis tipis ini mengawali karier pertama kali didunia musik dangdut ketika masih duduk dibangku kelas 2 SMP dan berusia 14 tahun saat itu.Yakni menyanyi di tempat hiburan Taman Impian Jaya Ancol setiap malam minggu dengan upah honor bayaran menyanyi sebesar Rp.90.000 pada waktu itu.

Dari awal mula sebagai penyanyi tetap di Taman Impian Jaya Ancol ini, kemudian berlanjut hingga dikontrak sebagai penyanyi tetap di Taman Ria Monas dan juga TMII, Taman Mini Indonesia Indah.

Hingga akhirnya di akhir tahun 1990, Iis Dahlia berkesempatan tampil di sebuah acara televisi nasional TVRI dalam sebuah acara Wajah Baru.Dan dari sinilah awal mula karier Iis Dahlia benar - benar dimulai.

Kontrak pertama pun langsung dimulai.Tidak tanggung, 8 album musik dangdut yang diminta oleh produser dalam perjanjian kontraknya disanggupinya.

Hampir sama dengan Evie Tamala seperti di album pertama, Iis Dahlia pun demikian tidak menuai kesuksesan di album perdananya.

Namun setelah peluncuran di album yang kedua dengan lagu andalannya, Tamu Tak Diundang nama Iis Dahlia mulai melambung.

Selain terjun didunia tarik suara sebagai penyanyi dangdut, dalam dunia akting seni peran pun Iis Dahlia tak ketinggalan.Beberapa judul sinetron yang pernah ia bintangi adalah jawabannya.Seperti ; Sepekan Sinetron Remaja TVRI ditahun 1991, Mata Hati, Seroja sebanyak 13 episode, Padamu Aku Bersimpuh ( Sinetron Ramadhan ), Gara - Gara, The Lajang, dan juga serial Drama yang dibintangi oleh Christine Hakim dan Vira Yuniar, yakni Tiga Orang Perempuan.

Sumber 

0 comments:

Post a Comment